5 Mitos Menyesatkan Pada Saat Menstruasi

Menurut orang tua zaman dahulu, ada beberapa hal yang harus kamu jauhi atau jangan kamu lakukan jika kamu sedang datang bulan atau menstruasi. Hmmm… padahal semua hal ini hanyalah mitos yang menyesatkan dan tidak sesuai dengan fakta. Mau tau apa saja mitos menyesatkan pada saat menstruasi tersebut?

5 Mitos Menyesatkan Pada Saat Menstruasi

5 Mitos Menyesatkan Pada Saat Menstruasi

#1. Usia normal untuk menstruasi adalah 13 tahun!

Well… sebenarnya tidak ada usia yang normal untuk urusan datang bulan. Setiap cewek punya waktu sendiri untuk mengalami fase menstruasi, ada yang terjadi pada usia 9 tahun, 10 tahun, dan seterusnya.

Secara umum, menstruasi akan di alami oleh cewek yang sudah mulai puber pada kisaran usia 9 sampai dengan 15 tahun. Jika kamu belum menstruasi setelah lewat umur 15 tahun, maka ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter terdekat.

#2. Tidak terjadi kehamilan saat menstruasi

Kamu wajib mengetahui bahwa kehamilan sebenarnya bisa terjadi pada saat menstruasi – walau pun kondisi kehamilan pada saat menstruasi bukanlah sesuatu yang wajar.

Kehamilan biasanya terjadi pada saat rahim sedang ber-ovulasi. Nah, masalahnya terkadang sulit untuk diketahui kapan terjadinya proses ovulasi pada rahim dan siklus menstruasi yang tepat, terutama jika kamu sering telat menstruasi.

#3. Kalo lewat bulan berarti kamu hamil!

Salah satu mitos menyesatkan pada saat menstruasi yang ketiga adalah jika kamu terlambat datang bulan, maka kemungkinan besar kamu hamil.

Memang salah satu penyebab cewek terlambat datang bulan adalah terjadinya kehamilan. Akan tetapi, kehamilan bukanlah faktor utama penyebab terlambatnya datang bulan. Ada beberapa faktor lainnya yang bisa merubah pola atau siklus menstruasi, misalnya faktor stress, sakit, perubahan berat badan, perubahan pola makan atau diet, dan sebagainya.

Cewek yang baru mengalami menstruasi biasanya juga akan mengalami menstruasi lanjutan yang tidak sesuai siklus 28 hari. Hal ini akan terjadi selama enam bulan sampai dengan satu tahun dari menstruasi pertama.

#4. Menstruasi akan berhenti jika kamu berenang

Pendapat bahwa datang bulan akan berhenti jika kamu berenang adalah salah satu mitos menyesatkan pada saat menstruasi.

Memang darah menstruasi akan secara otomatis akan berhenti mengalir keluar pada saat kamu sedang berenang, dan hal ini terjadi karena tekanan air di luar vagina. Namun, dia akan kembali mengalir jika kamu selesai berenang.

#5. Jangan berenang di laut kalo sedang menstruasi

Di Indonesia juga terdapat mitos menyesatkan pada saat menstruasi yang di percayai secara turun temurun, yakni saat menstruasi jangan berenang di laut, karena ikan hiu dapat “mengendus” kamu dari kejauhan.

Faktanya, sampai sekarang belum ada bukti ilmiah bahwa hiu memiliki kecenderungan untuk menyerang cewek yang sedang datang bulan pada saat sedang berenang di lautan.

Demikian ulasan singkat tentang 5 mitos menyesatkan pada saat menstruasi. Semoga bisa bermanfaat buat sobat tips-cewek.com! :)

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


One thought on “5 Mitos Menyesatkan Pada Saat Menstruasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *