Cewek Wajib Tau! Manfaat dan Tips Menulis Buku Harian

Sponsors


Pernahkan kamu merasa sangat senang sehingga sangat sulit untuk di ungkapkan? Atau merasa sangat sedih yang sulit djelaskan dengan kata-kata? Ingin bercerita dengan orang lain  tapi malu?

Kalau begitu, tulis buku harian saja yuk! Menulis buku harian bisa membantu kamu untuk mengeluarkan uneg-uneg dengan cara menuliskannya.

Cewek Wajib Tau! Manfaat dan Tips Menulis Buku Harian

“Apa saja manfaat menulis buku harian?”

Manfaat buku harian adalah membantu kamu untuk meringankan beban yang tidak dapat di sampaikan dengan ucapan, serta membantu kita untuk berkomunikasi dengan alam bawah sadar, misalnya membantu memberikan semangat, stimulasi, dan lain-lainnya.

Buku harian juga dapat membantu kita untuk mengingat hal-hal yang penting. Wah, keren ‘kan?

“Bagus ya manfaat menulis buku harian. Tapi aku gatau nih gimana memulainya?”

Bingung gimana cara mulai menulis buku harian yang baik dan benar? Jika ya, berikut ini adalah cara awal memulai dan menulis buku harian yang asik dan menyenangkan.

Tentukan buku yang akan digunakan sebagai buku harian

Kamu boleh menuliskan pengalaman kamu di buku tulis biasa atau buku khusus diary yang biasanya di jual di toko perlengkapan sekolah atau toko alat tulis.

Punya banyak buku bekas? Kamu bisa menggunakan buku bekas untuk di jadikan buku harian, tapi jangan lupa hiasi buku tersebut dengan pernak-pernik yang fancy, jadi terlihat unik kalau di lihat.

Bingung cara menghiasnya? Gampang kok, ada banyak video tutorial menghias buku harian di internet. Jadi kamu bisa lihat tutorialnya di Instagram atau Youtube.

Sponsors


Dijamin, buku harian kamu pasti tampil lucu dan unik! Selain itu, kamu juga dapat menyelamatkan lingkungan dengan memakai kembali buku bekas menjadi buku harian.

Tulis data dirimu di buku tersebut

Hal ini opsional sih, boleh dilakukan boleh juga nggak.Tergantung keinginan kamu aja. Jika kamu dapat menulis data diri, nama lengkap, tanggal lahir, umur, kelas, alamat rumah dan nomor telepon pada halaman pertama buku harian.

Kamu juga dapat menambahkan kata-kata yang bisa memberikan kamu semangat. Oh ya, biar lengkap, tempelkan juga foto selfie kamu yang terbaik.

Tanggal kejadian dan peristiwa yang terjadi

Setiap menulis buku harian, pastikan kamu menulis tanggal saat peristiwa yang ingin kamu ceritakan. Hal ini memudahkan kamu mengingat hari peristiwa itu.

Biarkan emosi dan perasaan kamu mengalir pada saat kamu menuliskan apa saja yang telah kamu lewati.

Kapan harus menulis buku harian?

Sebenarnya tidak ada waktu yang spesifik untuk menulis buku harian. Sesuaikan saja dengan waktu yang terbaik menurut feeling kamu, meskipun pada umumnya, cewek menulis buku harian di malam hari sebelum berangkat tidur.

Style it up!

Kalo kamu punya budget lebih, belilah beberapa jenis pulpen dan marker (stabilo) aneka warna untuk menulis di buku harian. Warna-warna yang cerah dan tulisan-tulisan yang di highlight dengan marker akan memberikan aksen yang unik, lucu dan girly di setiap tulisan kamu.

Tambahkan simbol atau gambar

It’s your own and personal book! Kustomasi semua tulisan kamu dengan simbol atau gambar yang unik.

Kamu bisa menggambar atau memberi simbol pada hari-hari penting atau berkesan buat kamu. Seperti simbol bintang saat kamu sedang dalam masa menstruasi atau simbol lilin di hari ulang tahun orang tua, sahabat, teman, dan orang-orang yang kamu sayangi.

Cara ini memudahkanmu mengingat hari-hari khusus dan memberikan kesan yang tidak membosankan saat kamu membaca ulang tulisan di dalam buku harian.

Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu ke dalam kata-kata seperti puisi dan lainnya.

So, ayo berkreasi dan menulis buku harian! Karena menulis buku harian sangat bermanfaat untuk mengurangi beban di piliran, dan secara tidak langsung memberikan manfaat agar kita bisa merencanakan banyak hal.

Artikel kontribusi dari Natalia Dea.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.

Sponsors


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *