Tips dan Strategi Belajar Jelang UASBN dan UNBK

Bagi kamu yang sudah duduk di kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA pasti sudah merasa deg-degan karena sebentar lagi ujian penentu kelulusan alias UASBN / UNBK akan segera di laksanakan. Pasti semua sudah diberi kisi-kisi semua mata pelajaran yang diujikan ‘kan?

Tapi gimana sih caranya belajar materi sebanyak itu?

Apalagi pelajaran yang hafalannya banyak seperti IPS,IPA dan PKN. Jadi bingung, karena semua pelajaran tersebut tidak dapat di pelajari dengan Sistem Kebut Semalam (SKS), hehehe.

Tips dan Strategi Belajar Jelang UASBN dan UNBK image via germanlw.com

Nah, agar kamu bisa sukses di UASBN / UNBK ini, yuk ikuti tips dan strategi belajar jelang UASBN dan UNBK ala tips-cewek.com berikut ini!

Tips dan Strategi Belajar Jelang UASBN dan UNBK

Kumpulkan Materi

Yang pertama kamu harus lakukan tentu saja mengumpulkan materi. Enggak mau kelabakan cari materi sebanyak itu sebelum ujian kan? Maka kumpulkan materi dari buku dan rangkuman yang kamu punya.

Kalau  rangkuman kamu kurang lengkap, kamu bisa cari tambahan materi tambahannya dari internet.

 Baca rangkuman 2 pelajaran dalam sehari. Dengan cara ini lama-lama kamu akan semakin familiar dengan materi yang kamu baca.

Buat Mindmap

Kamu bisa cari cara buat Mindmap di internet. Mindmap ini benar-benar membantu mengingat banyak rangkuman lho.

Malas buat mindmap?  Yuk pahami dengan teriak sekerasnya!

Cara ini pas buat kamu-kamu yang cara belajarnya auditori alias mendengarkan. Teriakkan materi atau ucapkan materi pelajaran tersebut  pada dirimu. Cara lain yang bisa di coba adalah rekam suaramu saat sedang membaca materi dan dengarkan setiap hari.

Belajar Hitung-hitungan? Harus latihan dong!

Percuma kalau kamu hafal semua rumus tapi gak pernah latihan. Yuk cicil kerjakan latihan dari soal-soal yang pernah dipelajari.

Coba deh kerjakan 15-20 soal sehari. Lama-lama kamu akan terbiasa dan dapat mengerjakan soal-soal yang lain dalam jumlah lebih banyak.

Jangan lupa tidur, asupan gizi dan olahraga ya!

Udah belajar banyak dan bisa menguasai materi pelajaran, eh malah sakit pada saat hari ujian. Aduh, jangan sampai deh ya!

Cukupkan kebutuhan tidurmu dengan tidur 8 jam sehari, makan-makanan bergizi dan olahraga agar badan kamu bisa tetap fit.

Belajar memang kadang melelahkan. Tapi ingat! Belajarlah meskipun saat kita tidak sedang mood, karena kita belajar untuk keluar dari zona nyaman kita. Happy Studying!

Artikel kontribusi Natalia Dea. <3

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*