6 Cara Agar Ketiak Tidak Basah dan Bau

Ketek atau ketiak basah kadang bisa menjadi masalah bagi remaja puteri. Karena campuran keringat dan bakteri yang terkumpul di ketiak biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Tentunya hal ini akan mengurangi rasa percaya diri kamu.

Tapi jangan khawatir, ada kok cara agar ketiak tidak basah karena keringat. Mau tau bagaimana cara agar ketiak tidak basah tersebut? Silakan simak penjelasannya berikut ini!

6 Cara Agar Ketiak Tidak Basah dan Bauimage via redline.co.uk

Cara Agar Ketiak Tidak Basah dan Bau

Musnahkan bulu ketek!

Bulu ketiak yang terlalu lebat dapat menyebabkan bertambahnya bau badan dan meningkatkan produksi keringat. Oleh karena itu biasakan untuk mencukur rambut atau bulu ketiak.

Gunakan deodoran anti-perspirant

Cara agar ketiak tidak basah selanjutnya adalah gunakan deodoran anti-perspirant, misalnya Rexona Roll-On for Woman. Deodoran seperti ini sangat efektif untuk mencegah produksi keringat yang berlebihan.

Jika memungkinkan, gunakanlah deodoran anti-perspirant yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti deodoran Dr. Hauschka. Harganya memang agak mahal sih, tapi terbukti secara klinis aman untuk di gunakan setiap hari.

Gunakan deodoran jika di perlukan saja, misalnya pada saat kamu akan beraktivitas. Tidak perlu menggunakan deodoran jika kamu tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan keluarnya keringat.

Bersihkan dengan astringent

Penggunaan toner pembersih kulit yang mengandung astringent juga merupakan salah satu cara agar ketiak tidak basah.

Astringent yang biasanya terkandung di dalam toner pembersih kulit mampu membersihkan keringat dengan efektif dan dapat mengecilkan pori-pori yang terbuka.

Kompres dengan teh celup

Teh celup / teh kantung yang biasa ada di rumah juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi produksi keringat di ketiak.

Cara agar ketiak tidak basah dengan menggunakan teh celup adalah kompres ketiak kamu dengan menggunakan teh celup yang sudah di rendam ke dalam air hangat.

Lakukan setiap malam selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kandungan tanin di dalam teh celup terbukti ampuh untuk mengurangi produksi keringat di ketiak.

Jadi jangan lupa, sesudah menyeduh teh celup, jangan buang ke bak sampah karena teh celup nya masih bisa kamu gunakan untuk kompres ketek.

Mandi teratur minimal 2 kali sehari

Mandi dua kali sehari adalah hal yang wajib di lakukan oleh remaja cewek. Jangan males mandi, agar kamu terhindar dari bau badan.

Bersihkan ketiak kamu dengan sabun secara merata agar sisa-sisa deodoran dan keringat bisa terangkat dari kulit.

Hindari makanan pedas dan kafein

Saat kamu mengkonsumsi makanan pedas/berbumbu dan meminum minuman yang mengandung kafein, maka neurotransmiter di otak akan bereaksi dan menstimulasi kelenjar keringat untuk segera memproduksi keringat.

Bonus! Quick tips dan info seputar deodoran

Hasil campuran antara deodoran antiperspirant berbahan dasar alumunium dengan keringat dapat menyebabkan noda kuning di baju atau pakaian. Untuk mencegah munculnya noda ini, biasakan segera mencuci baju yang kami pakai setelah kamu selesai beraktivitas.

Residu keringat dengan deodoran akan menempel pada pakaian kalo di biarkan tidak di cuci.

Tips di atas mungkin tidak banyak membantu jika kamu mengalami kondisi hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah kondisi di mana badan secara terus menerus berkeringat dalam jumlah yang banyak. Segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit.

Oke, girls! Demikianlah ulasan singkat tentang cara agar ketiak tidak basah karena keringat. Semoga bisa membantu kamu yang mempunyai masalah dengan bau badan dan keringat.

Pencarian terkait:

cara agar ketiak tidak basah saat beraktivitas, cara menghilangkan bau badan dan ketiak basah

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*